Chipset Qualcomm Snapdragon 845 Resmi Dirilis, Ini Keunggulannya

Chipset Qualcomm Snapdragon 845 Resmi Di Rilis

TeknoSiana News — Qualcomm akhirnya resmi merilis chipset terbarunya, Snapdragon 845 di Tech Summit pada Selasa (5/12). Chipset anyar ini merupakan penerus dari chipset high-end Snapdragon 835.

Chipset Snapdragon 845 (S845) sendiri merupakan bentuk dari kolaborasi Qualcomm dengan Samsung.

Melansir dari Phonearena.com (7/12/2017), Presiden dan Manajer Umum Bisnis Samsung Electronics, ES Jung mengungkapkan bahwa bersama Qualcomm, Samsung benar-benar turut serta membangun chipset S845. Dengan keikutsertaanya ini, Samsung nantinya akan menggunakan chipset tersebut ke sejumlah smartphone terbarunya.

Mengingat S845 adalah chipset high-end, bisa ditebak bahwa smartphone Samsung yang akan mengusung chipset ini merupakan smartphone kelas premium. Besar kemungkinan, smartphone pertama Samsung yang akan memakai chipset tersebut adalah Galaxy S9.

Meski chipset S845 merupakan hasil kolaborasi dengan Samsung, namun tetap terbuka peluang bagi vendor lain untuk mengadopsinya, seperti Xiaomi, HTC dan LG, serta vendor-vendor lain yang menghadirkan smartphone kelas atas.

Lei Jun, pendiri Xiaomi yang menjadi salah satu tamu terakhir yang tampil di Tech Summit, juga sudah menyatakan bahwa Xiaomi akan menggunakan prosesor Snapdragon 845 untuk smartphone flagship selanjutnya.

Keunggulan Chipset Qualcomm Snapdragon 845

Terkait kehebatan Snapdragon 845 sendiri, sebagai generasi terbaru tentu lebih baik ketimbang Snapdragon 835.

Mengutip dari Qualcomm, Snapdragon 845 memiliki efisiensi daya 30 persen lebih baik ketimbang chip Qualcomm generasi sebelumnya, Snapdragon 835. Berkat GPU baru yang dikemasnya, yakni Adreno 630, chipset ini juga memiliki kemampuan grafis 30% lebih baik untuk rendering video dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Qualcomm Snapdragon 845 SoC (sistem-on-chip) memiliki CPU Kryo 385, prosesor heksagonal 685 DSP (prosesor sinyal digital), ISP Spectra 280 (prosesor sinyal gambar), AQustic Audio dan modem tercepat dari Qualcomm yakni X20 Gigabit LTE radio.

Menyoal tenaga dan kecepatan, prosesor inti Kyro 385 memiliki total delapan inti yang terbagi dalam dua cluster. Cluster pertama quad-core 2.8GHz yang akan memberikan kecepatan 25 persen lebih cepat dari sebelumnya, sedangkan cluster kedua quad-core 1,8 GHz untuk efisiensi daya. Prosesor ini sendiri masih dibangun dengan teknologi FinFET 10 nm (nanometer).

Sektor fitur imaging, Qualcomm Spectra 280 memungkinkan untuk mengambil gambar “Ultra HD Premium,” hal ini berarti smartphone yang mengusung chipset ini mampu merekam video HDR 4K di 60fps. Selain itu, berkat prosesor ini, pengguna dapat mengambil video slow-motion (gerak lambat) dengan kualitas HD di 480fps.

Beralih ke sektor modem, modem X20 yang diusung chipset ini mampu mendukung kecepatan koneksi hingga 1,2GBps.

Kemudian untuk sektor keamanan, chipset Qualcomm Snapdragon 845 mendukung semua jenis metode otentikasi biometrik yang ada seperti sensor sidik jari, iris scanner, sensor suara serta identifikasi wajah. Sementara untuk soal audio codec, disematkan AQustic yang menawarkan suara pemutaran dan perekama yang lebih baik.

Adapun smartphone pertama yang dirilis mengadopsi chipset Snapdragon 845, besar kemungkinan akan segera dihadirkan di awal 2018. Samsung, Xiaomi, LG, HTC, dan Sony mungkin akan jadi salah satu yang pertama mengadopsi chip baru Qualcomm Snapdragon 845 ini.

Sumber : Phonearena, Qualcomm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *