logo
TeknoSiana

Vivo Siap Rilis Smartphone Pertama dengan Fingerprint di Layar

Vivo Siap Rilis Smartphone Pertama dengan Fingerprint di Layar

TeknoSiana News — Wacana smartphone dengan sensor fingerprint dibawah layar (under-glass fingerprint) sudah mulai ramai bergulir di dunia maya sejak tahun 2017 lalu. Smartphone besutan Vivo bertajuk Vivo Xplay7 sempat digadang-gadang bakal menjadi smartphone pertama dengan fingerprint di layar, namun hingga kini perangkat belum juga dirilis ke publik.

Kabar terbarunya, dalam ajang Consumer Electronics Show 2018 (CES 2018) yang berlangsung di Las Vegas, Vivo telah mengumumkan bakal jadi yang pertama menghadirkan smartphone pertama dengan sensor fingerprint di layar. Smartphone Vivo pertama yang dilengkapi dengan teknologi pemindaian sidik jari di layar ini akan bermitra dengan perusahaan bernama Synaptics.

Konsep Smartphone Pertama Vivo dengan Fingerprint di Bawah Layar
Konsep Smartphone Pertama Vivo dengan Fingerprint di Bawah Layar

Sensor sidik jari di layar pada smartphone Vivo (Vivo In-Display Fingerprint Scanning Technology), nantinya akan diterapkan dibagian bawah layar berada di antara mainboard dan panel OLED.

Berdasarkan informasi yang tertera laman siaran pers Vivo, disebutkan bahwa selain untuk membuka kunci smartphone, sensor fingerprint dibawah layar mendukung berbagai skenario penggunaan smartphone, dan hanya diaktifkan bila diperlukan.

Antarmuka (UI) grafis akan muncul di layar smartphone Vivo dalam skenario apa pun yang memerlukan pengenalan sidik jari, seperti saat layar mati, saat pengaktifan perangkat lunak, dan bahkan autentikasi pembayaran seluler.

Pengguna bisa menekan grafis sidik jari di layar untuk melakukan unlocking, pembayaran dan operasi lainnya. Bila pengenalan sidik jari tidak diperlukan, UI tidak terlihat dan tidak akan mengganggu keseluruhan pengalaman visual.

Smartphone pertama Vivo yang dilengkapi dengan teknologi pemindaian sidik jari dilayar diyakini akan memberikan solusi otentikasi lain yang tersedia untuk smartphone layar penuh dalam banyak aspek. Dibandingkan sensor sidik jari di bagian belakang smartphone, Vivo mengklaim sensor fingerprint dibawah layar menawarkan operasi yang lebih nyaman tanpa mengorbankan desain smartphone yang ramping dan terpadu. Ini juga memungkinkan otentikasi cepat dan aman.

Dengan diperkenalkannya smartphone pertama dengan fingerprint di layar oleh Vivo, hal ini menandai lompatan yang signifikan ke depan dalam pengembangan industri, membawa pengalaman pengguna smartphone ke tingkat yang lebih baru.

Sayangnya, soal nama smartphone pertama dengan fingerprint di layar, Vivo belum membeberkannya. Namun, smartphone tersebut disebut-sebut sudah siap di produksi massal dan akan diumumkan pada awal-awal tahun 2018 ini.

Sumber

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *