Acronis Tawarkan Penangkal Serangan Ransomware Petya

TeknoSiana News — Pasca serangan ransomware WannaCry yang mulai ramai bergulir awal Mei lalu, kini sistem komputer kembali mendapat serangan dari ransomware lainnya, yakni Petya. Sama seperti WannaCry, ransomware Petya juga meminta tebusan untuk mengembalikan file yang terkena dampak serangan alias terenkripsi.

Dikutip dari Acronis.com, pada dasarnya Petya merupakan varian dari WannaCry dan menggunakan versi serupa. Ini akan melakukan enkripsi dan mengunci komputer yang terinfeksi. Namun secara karakteristik serangan, ransomware Petya berbeda dengan WannaCry, karena Petya mempengaruhi Master Boot Record (MBR).

Untuk cara kerjanya, pertama-tama Petya akan melakukan reboot komputer, kemudian melakukan enkripsi file table hardisk yang membuat MBR tidak bisa dioperasikan. Mulai dari sini dan seterusnya, ransomware Petya akan membatasi akses ke sistem dengan memanfaatkan informasi nama file, ukuran, dan lokasi pada hardisk.

Acronis menyebutkan bahwa sejauh ini belum ada cara untuk mendekripsi file dan membuka komputer yang terinfeksi selain dengan menebusnya. Namun, meski membayar tebusan, hal ini dikatakan tidak menjamin deskripsi file yang terinfeksi.

Dengan potensi kerugian pengguna komputer akibat serangan ransomware Petya ini, Acronis mengklaim bahwa pihaknya telah memiliki solusi untuk melawan Petya, yakni dengan Acronis Active Protection yang diklaim telah terbukti melawan Petya.

Acronis Active Protection sendiri terbagi dalam dua versi, yakni Acronis True Image 2017 dan versi bisnis Acronis Backup 12.5. Untuk mendapatkan layanan tersebut, Acronis membebankan biaya termurah sebesar $34.99 untuk True Image 2017 dan biaya termurah sebesar $69 untuk Backup 12.5.

Kedua program dari Acronis tersebut merupakan sebuah layanan untuk backup data. Artinya, ini bukan sebuah cara melawan Petya, melainkan cara mengantisipasi file dari serangan Petya.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *